Wednesday, June 22, 2016

Sewa Mobil Jogja Menuju Pantai Samas, Pantai dengan Lagunanya


Sewa mobil Jogja ke Pantai Samas.  Pantai Samas bisa menjadi area wisata yang diunggulkan oleh pemerintah Provinsi Jogjakarta. Pantai ini dulunya termasuk salah satu pantai yang cukup dikenal luas masyarakat Jogjakarta. Meskipun sekarang pantai ini tidak sepopuler Pantai Parangtritis, pantai Samas termasuk salah satu pantai dengan pemandangan menakjubkan ditambah lagi keberadaan laguna di sekitarnya. Sungai dan danau air tawar yang membentuk laguna ini dijadikan tambak ikan dan udang sehingga wisatawan yang datang juga bisa melihat tambak tersebut.

Jika Anda berencana ke Pantai Samas, tidak ada salahnya mencoba sewa mobil Jogja yang banyak tersedia di kota wisata Jogjakarta. Apabila Anda berminat datang ke Pantai Samas ada rute cukup mudah yang bisa dilalui kesana. Arahnya dari kota Jogjakarta mengikuti jalur Pojok Beteng Kulon lurus ke jalur selatan, kemudian ikuti jalannya sekitar 20-35 kilometer sampai menuju ke Pantai Samas. Namun jika Anda ingin melihat laguna yang dinamakan Pesona Pengklik, maka sebelum jalur masuk ke Pantai Samas temukan gapura retribusi terlebih dahulu.

Setelah melewatinya, ikuti arah jalan jalur selatan, lurus saja lalu ikuti jalan masuk di sisi timur sungai sampai Anda menemukan jalan kecil yang lurus menuju arah selatan. Jalan ini hanya dapat dimasuki oleh mobil bukan bis, maka sebaiknya Anda memakai mobil pribadi atau rental mobil Jogja dulu sebelum berangkat ke lokasi tujuan. Adapun fasilitas yang ditawarkan di area wisata Pantai Samas dan lagunanya lengkap untuk anggota keluarga.

Diantaranya Anda akan menemukan taman bermain untuk anak-anak, tempat makan terapung, tempat menyewakan perahu sebagai wisata air, minimarket dan bangunan bertingkat dengan teropong agar pengunjung bisa melihat suasana di sekitar laguna atau Pesona Pengklik itu. Adapula mercusuar Patehan, dimana wisatawan dapat menikmati keindahan laut dan pantai yang berpasir putih. Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan penginapan bagi wisatawan yang akan bermalam, toilet dan mushola yang bersih. Anda pasti tidak menyesal berkunjung ke Pantai Samas yang lokasinya terletak di Desa Srigading, Sanden, Bantul Jogjakarta ini. Terlebih jika Anda juga menggunakan jasa rental mobil Jogja.

Salah satu keunikan lain dari Pantai Samas ini adalah spot untuk tempat melihat penyu bertelur. Habitat penyu yang sering menggunakan Pantai Samas untuk menaruh telurnya antara lain penyu lekang, penyu blimbing, penyu sisik dan penyu hijau. Tapi pengunjung disarankan tidak mengganggu penyu-penyu ini karena dikuatirkan mereka akan mencari tempat lain untuk bertelur. Selain itu jika akan berwisata ke Pantai Samas, harap berhati-hati jika mandi atau bermain-main di bibir pantainya yang terkenal curam itu.

Wisatawan boleh bermain air tetapi jangan sampai terlalu jauh ke tengah pantai. Jika beruntung, Anda akan mendapati acara seperti Labuhan Sedekah Laut, Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro (upacara menyambut 1 Syuro atau 1 Muharram sebagai bulan pertama dalam perhitungan tahun Jawa dan Islam) serta pentas seni budaya menyambut libur sekolah dan lebaran di Pantai Samas. Maka jika ingin melihat acara-acara tersebut, sebaiknya ketahui dahulu jadwal diselenggarakannya acara menarik itu.

Itulah beberapa keunikan dan kelebihan dari Pantai Samas di Jogjakarta. Anda dapat mengunjungi tempat wisata tersebut dengan menaiki kendaraan roda dua atau empat. Transportasi umum juga tersedia, namun sebaiknya agar lebih nyaman carilah sewa mobil Jogja murah untuk memudahkan berkunjung ke Pantai Samas. Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendatangi pantai tersebut karena tarif masuk ke Pantai Samas tidak sampai 5000 rupiah per orang. Bagaimana Anda tertarik datang kesana?

Sewa mobil Jogja di Docar cukup terjangkau. Pengunjung bisa menggunakan transportasi tersebut untuk datang ke pantai yang terkenal dengan lagunanya ini.